oleh

Dubes Djumala Pamitan ke Pemerintah Austria dan UNIDO-PBB

-Nasional-118 views

WINA (Simpony) – Dalam rangka mengakhiri tugasnya, Duta Besar RI untuk Austria dan PBB, Dr. Darmansjah Djumala, telah berpamitan secara resmi dengan Pemerintah Austria yang diwakili oleh Sekjen Kementerian Luar Negeri Austria, Peter Launsky-Tieffenthal di kantor Kemlu Austria, Kamis (23/9/2021). Pada hari yang sama Dubes Djumala juga telah berpamitan dengan Direktur Jenderal Organisasi Pembangunan Industri PBB (UNIDO), Li Yong di kantor PBB Wina.

Pada kesempatan pamitan resmi kepada Pemerintah Austria, Dubes Djumala dan Sekjen Kemlu Austria sama-sama menyoroti makin meningkatnya hubungan bilateral antara kedua negara, baik di bidang politik, ekonomi maupun sosial budaya. Berbagai kegiatan bilateral telah terlaksana dengan baik pada periode penugasan Dubes Djumala selama empat tahun terakhir.

Beberapa contoh nyata dari peningkatan kerjasama tersebut, antara lain adalah adanya komitmen saling dukung untuk berbagai pencalonan di forum multilateral, makin banyaknya perusahaan Austria menjalin hubungan bisnis dengan mitra di Indonesia serta meningkatnya jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Austria.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kerjasama para pejabat Pemerintah Austria selama masa penugasan saya sebagai Duta Besar RI di Wina. Dengan dukungan yang baik tersebut berbagai kegiatan KBRI Wina telah berhasil dilaksanakan dengan lancar,” ujar Dubes Djumala.

Pertemuan Dubes RI Wina, Dr. Darmansjah Djumala, dengan Direktur Jenderal UNIDO-PBB, Li Yong (dok Humas KBRI Austria)

Pada kesempatan pamitan resmi dengan Dirjen UNIDO, Dubes Djumala juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran pejabat dan staf Sekretariat UNIDO yang telah banyak membantu meningkatkan hubungan kerjasama Indonesia dengan organisasi pembangunan industri PBB tersebut.

Secara khusus, Dubes Djumala juga menyampaikan terima kasih atas dukungan UNIDO pada masa kepemimpinannya menjabat sebagai Presiden Industrial Development Board (IDB) UNIDO ke-48.

“Peran dukungan UNIDO bagi pembangunan industri di Indonesia sangatlah strategis, terutama yang berkaitan dengan upaya mendorong Industri 4.0 dan peningkatan kapasitas UMKM. Salah satu sektor kerjasama yang masih dapat dieksplorasi lebih lanjut adalah kerjasama mendorong digitalisasi kegiatan usaha UMKM di kawasan pedesaan. Indonesia sangat mengharapkan kerja sama dengan UNIDO dapat semakin meningkat di masa mendatang,” ungkap Dubes Djumala.

Dirjen Li Yong menanggapi hal tersebut secara positif dan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peran aktif dan kepemimpinan Indonesia di UNIDO. Dirjen Li Yong juga menekankan kembali komitmen UNIDO untuk terus mendukung upaya pembangunan industri yang berkelanjutan di Indonesia melalui proyek-proyek yang dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai instansi Pemerintah Indonesia. (kps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed