oleh

Hari Ini Kota Yogyakarta Terima 19.620 Vaksin Covid-19

YOGYAKARTA (Simpony) – Kota Yogyakarta dijadwalkan hari ini bakal menerima sebanyak 19.620 dosis vaksin covid-19. Untuk tahap pertama vaksin akan diberikan kepada 9.810 tenaga kesehatan.

“Sudah dipersiapkan untuk penyimpanan vaksin di Instalasi Farmasi Dinkes, yang mulai tanggal 22 Januari 2021 akan didistribusikan ke Faskes yang sudah ditunjuk untuk melayani vaksinasi,” ujar Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Rabu (13/1/2021).

Dijelaskan Heroe, vaksin dibawa menggunakan vaksin carier yang dilengkapi dengan coolpack untuk menjamin pendistribusianya memenuhi coldchain (sistem rantai dingin), sehingga suhunya tetap terjaga 2-8 derajat celcius mulai dari tempat asalnya hingga ke tujuannya.

“Penyimpan vaksin di instalasi farmasi menggunakan lemari pendingin/chiller/refrigerator yang suhunya dikondisikan pada 2-8 derajat celsius,” jelas Wakil Walikota Yogyakarta ini.

Untuk fasilitas kesehatan yang akan didistribusikan vaksin tersebut terdiri dari 18 Puskesmas, 7 Rumah Sakit rujukan covid-19, 4 Rumah Sakit Umum Swasta non rujukan covid-19, dan 2 Klinik. “Sudah dilatih ada 45 nakes tiap Rumah Sakit dan Puskesmas 2 orang yaitu Dokter dan Bidan,” kata Heroe Poerwadi.

Ditambahkannya, untuk pendistribusian tahap kedua vaksin covid-19 selanjutnya akan dijadwalkan pada akhir bulan Januari 2021. (kps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed