oleh

Kini RS PKU Muhammadiyah Gamping Dilengkapi dengan Alat CT Scan Canggih

-Kesehatan-187 views

SLEMAN (Simpony) – Kini peralatan bidang kesehatan untuk melayani masyarakat semakin maju dan canggih, seperti Computerised Tomography atau CT Scan. CT Scan adalah alat pemeriksaan yang menggunakan sistem penggambaran digital dan sinar-X untuk memperoleh gambar penampang tubuh.

Saat ini CT Scan paling canggih sudah hadir di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman yaitu CT Scan Multislice 160. Mampu memfoto penampang seluruh tubuh mulai dari kepala, perut, kaki, tulang belakang dan organ dalam lebih detail dan akurat.

RS PKU Muhammadiyah Gamping melengkapi fasilitas penunjang medis dengan mengikuti dinamika teknologi dunia kesehatan dengan menghadirkan alat berteknologi canggih, yaitu MSCT 160 Slice (Multi Slice Computerized Tomography 160 Slice).

Alat ini bisa menghasilkan kecepatan pemeriksaan 2.572 gambar per detik, yang artinya dapat memperlihatkan hasil lebih akurat dan lebih baik dalam resolusi gambar dibandingkan dengan produk lainnya.

MSCT adalah generasi terbaru dari CT Scan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan informasi dan memberikan gambaran diagnostik yang lebih baik dengan detail yang sangat lengkap.

“Terutama untuk pemeriksaan organ bergerak seperti jantung,” ujar Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gamping dr H Ahmad Faesol, Sp.Rad, M.Kes, MMR, Selasa 15 Agustus 2023.

Di sela-sela pengajian dan konsolidasi pegawai RS PKU Muhammadiyah Gamping sekaligus pengukuhan Tim Pemenangan DPD RI Ir Ahmad Syauqi Soeratno, MM dan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Radioterapi serta launching layanan baru CT Scan 160 Slice, Ahmad Faesol mengatakan, bahwa dengan kecepatan pemeriksaan yang cukup singkat, alat tersebut menghasilkan gambar dengan resolusi yang sangat baik serta akurat.

“Untuk pembangunan gedung Radioterapi, pemancangan tiang pertama akan dilakukan juga. Tapi alat berat masih dalam perjalanan jadi tidak terlaksana,” kata Faesol.

Menurutnya, minggu depan langsung tancap gas. Gedung Radioterapi yang direncanakan sejak 2015 dan cukup lama menanti berdirinya layanan itu, akhirnya bisa terwujud setelah empat investor tidak jadi bergabung.

Akhirnya, atas izin Badan Pengurus Harian (BPH) RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping, RS PKU Muhammadiyah Gamping berikhtiar membeli sendiri.

“Langsung kepada owner perusahaan itu,” kelakar Ahmad Feasol, yang menerangkan ada selisih Rp 3,5 miliar dari total Rp 63,8 miliar.

Berkaitan hari ber-Muhammadiyah, kata Faesol, rutin diadakan setiap tanggal 15 Agustus. “Untuk kali ini ada tambahan ikut sukseskan, mengusung dan mengawal calon DPD RI Utusan Muhammadiyah DIY Ahmad Syauqi Soeratno,” imbuhnya.

Di sisi lain seperti disampaikan Ketua BPH RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping, dr H Agus Taufiqurrahman Sp.S, M.Kes, seluruh Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) harus bertransformasi penuh keunggulan.

“Islam berkemajuan harus menjadi teladan,” katanya.

Bagi Agus, PKU Reborn untuk RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan PKU Reform untuk RS PKU Muhammadiyah Gamping tidak terpisahkan dari membangun keunggulan.

Menyinggung soal mendukung calon DPD RI utusan Muhammadiyah DIY Ahmad Syauqi Soeratno, bukan masalah sukses dan tidak sukses. “Tapi, politik harus menjadi hal yang serius,” kata Agus.

Menurut Agus, kesadaran dakwah di bidang politik menjadi bagian yang tidak terpisahkan. “Dan spirit menyukseskan Ahmad Syauqi Soeratno sebagai jalan ibadah,” ungkap Agus.

Ir Azman Latif dari PWM DIY berharap agar Muhammadiyah sukses dalam banyak bidang. “Berbicara tentang politik masih terseok-seok dan tidak sesuai dengan saham ketika mempertahankan kemerdekaan,” papar Azman.

Kata Azman, semua yang diupayakan Muhammadiyah dan berhasil itu dengan perjuangan serta keseriusan para tokoh-tokoh.

“Dalam bidang politik kita juga perlu memperjuangkan agar potensi yang sebenarnya kita miliki dan punyai segera terwujud,” kata Azman, yang menerangkan jangan sampai suara Muhammadiyah diambil orang lain. (fan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed