oleh

Lestarikan Seni Tradisional, Pemkab Sleman Festival Dalang Sasar Peserta Anak dan Remaja

SLEMAN (Simpony) – Guna melestarikan dan mengembangkan seni pedalangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Sleman, menggelar festival dalang anak dan remaja tingkat kabupaten, bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman, Senin (20/5/2024).

Kegiatan festival dalang dibuka secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, yang ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan wayang kepada salah satu dalang anak.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Sleman, Edy Winarya dalam laporannya menyampaikan, festival dalang ini merupakan media pembinaan pada seniman dalang dan menjadi sarana dalam memperkenalkan dasar-dasar seni pedalangan Gagrak Nyayogyakarta.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong tumbuh kembangnya seniman dan seniwati pedalangan usia dini yang berbakat di bidang seni pedalangan,” ujarnya.

Kemudian, Edy menuturkan festival ini diperuntukan bagi dalang dengan rentan usia (dalang anak) 8-15 tahun, dan (dalang remaja) 16-20 tahun.

Sementara untuk pelaksanaannya, festival dalang anak dan remaja dijadwalkan pada hari yang berbeda. Kategori dalang anak berlangsung pada 20-21 Mei 2024, sedangkan dalang remaja berlangsung pada 22-23 Mei 2024.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapresiasi atas penyelenggaraan festival dalang anak dan remaja tingkat Kabupaten Sleman.

Menurut Kustini, festival dalang ini selaras dengan upaya Pemkab Sleman dalam mendukung bakat-bakat seni anak-anak untuk nguri-nguri kabudayan.

“Sudah seyogyanya kita merawat dan memelihara wayang sebagai aset bangsa. Oleh karena itu, saya harap dengan terselenggaranya festival dalang ini menjadi sarana untuk menumbuhkan kembali kecintaan generasi muda terhadap seni tradisional,” jelas Kustini. (*/fan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed