oleh

Mardani: Kelebihan Kapasitas di Lapas Merupakan Masalah Lama yang Gagal Diselesaikan Pemerintah

-Politik-77 views

JAKARTA (Simpony) – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang melebihi kapasitas atau overcapacity sebesar 400%.

Yasonna menyebut lapas yang dibangun pada 1972 ini diisi oleh sebanyak 2.072 orang napi.

“Lapas Tangerang ini overcapacity 400 persen, penghuni ada 2.072 orang, yang terbakar ini adalah Blok C 2 itu model paviliun-paviliun,” kata Menkumham Yasonna Laoly dalam konferensi pers di Lapas kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera menyebutkan, kelebihan penghuni penjara merupakan masalah lama yang gagal diselesaikan pemerintah.

“Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) mencatat, semua penjara di Indonesia mengalami kelebihan penghuni rata-rata 180 persen. Penjara di Tangerang ini misalnya, diisi hingga 2.072 narapidana untuk kapasitas yang hanya bisa diisi 600 orang,” ujar Mardani dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Dalam hal ini, menurut Mardani, Menkumham harus pasang badan. “Ada nasib serta aspirasi ratusan narapidana aa tahanan di semua lapas di seluruh Indonesia yang dititipkan ke beliau. Tugas awal yang perlu segera diselesaikan yakni menuntaskan sengketa kewenangan antara berbagai lembaga pemerintah sendiri mengenai siapa yang mestinya berwenang mengelola penjara. Jika hal ini saja tidak jelas, rasanya sulit untuk mencari solusi,” tandasnya.

Ditambahkan Mardani, terkait perombakan dan penerapan regulasi baru mengenai hukuman pengguna narkoba menurut Politisi PKS ini juga mesti dipercepat.

“Karena sebagian besar napi di negeri ini terkait dengan kasus narkoba. Semoga yang luka-luka segera sembuh, yang meninggal diberikan tempat terbaik dan keluarga korban diberikan kesabaran,” pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed