oleh

Nuansa Adiwiyata dalam Pelantikan Dewan Penghela Kerabat SMA Muhi 2022

YOGYAKARTA (Simpony) – SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan kegiatan pelantikan Dewan Penghela Kerabat Hizbul Wathan SMA Muhi 2022, di Bukit Mungker, Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul.

Adapun peserta dalam kegiatan ini sekitar 45 orang yang terdiri atas peserta pelantikan, panitia, dan guru pendemping. Peserta dan pendamping berangkat menuju ke Dlingo, Bantul pada hari Sabtu, 14 Mei 2022 sekitar pukul 15.00 WIB dengan menggunakan bus yang disediakan sekolah.

Sebelum dilantik, pada malam harinya peserta diberikan materi dan muhasabah tentang ke-HW-an sebagai syarat kecakapan seorang HW.

“HW perlu meniru keteladanan Jenderal Sudirman yang siap sedia membela bangsa, begitu juga HW yang siap meneruskan Muhammadiyah,” ujar Yudianto, S.Pd selaku pembina dalam muhasabah ke-HW-an.

Menurut Ahmad Affandi, S.Th.I selaku pengarah kegiatan dan wakil kepala sekolah urusan kesiswaan berharap dengan pelantikan Dewan Penghela Kerabat HW ini mudah-mudahan peserta yang telah resmi dilantik bisa menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna, serta menjadi kader HW yang berkemajuan. Anggota Dewan Penghela Kerabat HW yang dilantik ini nantinya akan menjadi pembimbing bagi siswa kelas X tahun ajaran 2022/2023.

Sementara pada Minggu, 15 Mei 2022 menjadi puncak kegiatan pelantikan. Para peserta melaksanakan kegiatan tadabur alam berupa penanaman pohon Alpukat dan bersih-bersih Bukit Mungker, Patuk, Dlingo, Bantul. Kegiatan ini merupakan kedua kalinya diadakan setelah pada tahun 2018 juga dilaksanakan kegiatan penanaman pohon Jambu.

Para peserta dengan didampingi oleh warga setempat dengan antusias menanam pohon Alpukat. Alasan mengapa menanam pohon alpukat adalah karena pohon ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh. Masyarakat di daerah ini yang lokasinya di perbukitan masih sering mengandalkan tanaman sebagai obat tradisional.

Tokoh masyarakat yang hadir mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin sejak 2018. Dia berharap agar kerjasama ini dapat terus berjalan dan menghasilkan manfaat untuk masyarakat.

Menurut Drs. H Herynugroho, M.Pd selaku Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, kegiatan penanaman pohon ini termasuk salah satu pengamalan dari ajaran HW yaitu mencintai lingkungan. Menurut beliau Tujuan utama Hizbul Wathan (HW) adalah memperkokoh takwa, membentuk akhlak dan watak yang berdasarkan iman kepada Allah SWT. Sehingga anggota HW harus memiliki rasa tanggungjawab terhadap keluarga, bangsa, cinta lingkungan dan tanah air.

Cinta tanah air juga berarti menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, termasuk kekayaan hutan dan laut beserta kandungan isinya sebagai anugerah Allah SWT untuk kelangsungan hidup manusia di dunia. HW yang suka melakukan kemah di alam terbuka, di tepi hutan dan kaki gunung, hendaklah semakin menyadari kebesaran Allah SWT dan mensyukuri kekayaan anugerah-Nya.

“Kegiatan ini juga sebagai implementasi dari program Adiwiyata Sekolah. Semoga sekolah ini dikemudian hari bisa melahirkan generasi yang dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan” pungkasnya. (rth)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed