oleh

Pameran Promosi Produk UMKM, Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

-Ekonomi-27 views

YOGYAKARTA (Simpony) – Dalam upaya memfasilitasi para pelaku UMKM dalam mempromosikan produk-produknya, Dinas Koperasi UKM Nakertrans Kota Yogyakarta menggelar event pameran promosi produk UMKM di tengah pandemi Covid-19. Dengan protokol kesehatan (prokes) ketat, event ini digelar di Atrium Malioboro Mall Jogja, berlangsung mulai Kamis (10/12/2020) hingga Minggu (13/12/2020).

Karena digelar di tengah pandemi, ini sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan memulihkan ekonomi pelaku usaha yang mewakili 31 pelaku UMKM. Pameran tersebut didukung dengan transaksi non tunai. Di setiap stand, dilengkapi dengan “Quick Response Code Indonesian Standard” (QRIS) sehingga para peserta pameran dapat melayani pengunjung menggunakan uang elektronik.

Wanti, salah satu peserta pameran mengungkapkan bahwa ini pertama kalinya ia mengikuti pameran produk UMKM. Dirinya mengaku sempat bingung untuk menjual produknya melalui online karena dinilai membingungkan baginya.

“Biasanya saya jualan di Pasar Beringharjo, jadi lumayan kewalahan ketika terdampak covid, mau jualan online kok saya tidak terlalu menguasai,” ujar Wanti.

Menurutnya, rata-rata selama pandemi pelaku UMKM turun omzet sekitar 60 persen. Ini karena peserta pameran mengalami penurunan pengunjung, menyusul tidak ada wisatawan yang datang ke Jogja. Oleh karena itu dengan adanya pameran produk UMKM diklaim para pelaku usaha semakin merasa terbantu, apalagi masih dalam situasi pandemi. Diharapkan dengan penjualan offline ini dapat mempromosikan kembali produknya, terlebih bisa meningkatkan ekonomi.

“Kalau tidak pintar memutar otak, pasti akan tepuruk, oleh karena itu melalui pameran ini semoga para pengunjung bisa merilik dan tertarik membeli produk UMKM kami,” katanya.

Dengan digelarnya pameran ini, ia berharap para pelaku usaha UMKM di Kota Yogyakarta dapat bangkit kembali untuk menampilkan produk unggulan dan memutar perkonomian.

(Aji Pangestu, Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed