oleh

Pembangunan Ekonomi Desa Bangunjiwo Melalui Pengembangan Ayam Kampung

-Daerah-186 views

BANTUL (Simpony) – Bermula dari mimpi Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Bangunjiwo Barat, Kasihan, Bantul, yang ingin punya gedung pertemuan sendiri, waktu itu tahun 2016.

Kemudian, pada 12 September 2017 dengan modal dana sebesar Rp 17 juta iuran dari pimpinan dan anggota PRM Bangunjiwo Barat dibuatlah pondasi gedung 2 lantai. Akhirnya pada 19 September 2019 Gedung PRM Bangunjiwo Barat diresmikan Ketua PWM DIY, Gita Danupranata, bersamaan launching AmbulanMu Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kasihan dihadiri Ketua PDM Bantul H Sahari dan Ketua PCM Kasihan H Toto Budi Santoso Satrio Ngumboro.

Meski belum sempurna, saat ini gedung tersebut sudah dipergunakan untuk kegiatan umat dan Muhammadiyah beserta ortomnya.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu berdirinya gedung PRM Bangunjiwo Barat,” kata Agus Mulyono, Sabtu (19/9/2020).

Sementara itu, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Bangunjiwo Barat menggelar acara “Pembangunan Ekonomi Desa Bangunjiwo Melalui Pengembangan Ayam Kampung”, dihadiri Prof Hilman Latif, Ph.D, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Menurut Hilman, usia persyarikatan Muhammadiyah sudah lebih dari satu abad dan telah memiliki ribuan amal usaha di bidang pendidikan, kesehatan serta dakwah sosial. “Maka saatnya memasuki abad kedua ini harus memilki kandang,” katanya.

Kandang yang dimaksud Hilman itu adalah meningkatkan ekonomi produktif dengan cara ternak ayam, kambing atau sapi. “Dengan program ini, kebutuhan umat bisa dilakukan dari ternak ayam kampung yang dikelola dengan profesional,” papar Hilman.

Sementara itu ditambahkan Oki Wijaya SP, MP., program ini ke depannya bisa menjadi salah satu ikon. “Apabila ada yang ingin mencari ayam kampung dari cari ternak, pemotongan dan pengolahan yang halal serta higienis tinggal datang saja ke Lemahdadi dan Sambikerep Bangunjiwo,” terang Oli Wijaya.

Berkaitan hal itu, Agus Mulyono menyambut baik dan memberi apresiasi kepada Zaenal selaku Ketua KSR PMI UMY dan Eko sebagai penanggungjawab ternak ayam kampung yang sudah mempercayakan kepada warga binaan PRM Bangunjiwo Barat untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi melalui program ini.

“Dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi umat ke depan,” kata Agus Mulyono didampingi Ketua AMM Bangunjiwo Barat Eryan Prasetya.

Pimpinan Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah ikut mendampingi program tersebut sejak dari awal hingga berjalannya program ini. Dan warga masyarakat Lemahdadi dan Sambikerep menyambut program tersebut dengan senang. (fan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed