oleh

Pemerintah Resmi Perpanjang PPKM Darurat Hingga 26 Juli 2021, Asalkan…

-Nasional-162 views

JAKARTA (Simpony) – Pemerintah resmi memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga tanggal 25 Juli dan akan dilonggarkan pada tanggal 26 Juli 2021 jika kasus penyebaran virus corona menurun. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (20/7/2021) ketika menggelar jumpa pers secara virtual.

“Setelah dilaksanakan PPKM Darurat dilihat data penambahan kasus dan bed rumah sakit mengalami penurunan. Kita selalu memantau dan memahami dinamika di lapangan dan juga mendengar suara masyarakat yang terdampak PPKM. Karena itu kalau tren kasus terus mengalami penurunan, pada 26 Juli 2021 nanti, pemerintah akan melakukan pembukaan,” kata Jokowi.

Bahkan jika kasus virus corona menurun, pasar tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari bakal diizinkan membuka usahanya hingga pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Sedangkan pasar tradisional yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan buka sampai dengan pukul 15.00 WIB, dan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen, dan kesemuanya harus dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, imbuh orang nomor satu di negeri ini.

Sementara itu, PKL, toko kelontong, agen outlet, pangkas ramput, loundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha kecil lainnya yang sejenis, sambung Jokowi juga bakal diizinkan buka.

“Tentu dengan prokes ketat sampai dengan pukul 21.00 WIB yang pengaturannya teknisnya akan diatur pemerintah daerah,” katanya.

Sementara, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan yang sejenisnya yang punya tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan prokes ketat sampai pukul 21.00 WIB dan maksimum waktu makan setiap pengunjung 30 menit.

Sedangkan kegiatan lain pada sektor esensial dan kritikal baik di pemerintah maupun swasta serta terkait dengan protokol perjalanan menurut Jokowi akan dijelaskan secara terpisah. (kps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed