oleh

Polemik Vaksin Nusantara, Mardani: Ada yang Harus Diperbaiki dalam Uji Klinis

-Nasional-83 views

YOGYAKARTA (Simpony) – Terkait polemik penggunaan vaksin nusantara, Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera dalam cuitan twitternya @mardanialisera menyebutkan, basis sains mesti diutamakan. “Ada komunikasi yang tidak berjalan dengan baik antara BPOM serta tim peneliti vaksin Nusantara dan ini perlu diperbaiki. Tidak bisa ditawar, vaksin Covid-19 harus aman, bermutu dan efektif,” begitu katanya, Sabtu (17/4/2021).

Selanjutnya, Ketua DPP PKS ini mengatakan, semangat cinta produk dalam negeri harus ikut prosedur dan SOP. “Vaksin Nusantara terkesan jalan sendiri. Imbasnya, vaksin Nusantara belum memenuhi berbagai standar pengembangan vaksin yang baik seperti praktik klinis yang baik dan praktik pembuatan yang baik,” tambahnya.

Mardani menilai, ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam uji klinis menurut BPOM. “Mulai dari kaidah penelitian, metode produksi, kualitas bahan, serta bukti manfaat dan keamanannya. Ikuti saran dan rekomendasi tersebut karena jika uji klinis dijalankan tanpa mematuhi aturan dan standar yang ada, ke depan akan ada risiko masalah yang mesti ditanggung,” tegasnya.

Mardani mengajak untuk berpikir jangka panjang, jika BPOM selaku otoritas utama belum mengeluarkan izin lalu suntikan sudah diberikan, siapa yang akan bertanggung jawab jika terjadi gejala pasca vaksinasi.

“Belum lagi, polemik yang ada di tingkat pusat seperti ini dapat berakibat pada munculnya kebijakan liar yang dijalankan pejabat daerah mengenai penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing. Niat baik harus diiringi dengan cara yang baik,” pungkasnya. (kps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed