oleh

Talkshow Ketahanan Ekonomi Keluarga PKS: Pahami apa Itu Harta

-Ekonomi-60 views

YOGYAKARTA (Simpony) – Dalam rangka memperingati Milad ke-20 Partai Keadilan Sejahtera (PKS), DPD PKS Kota Yogyakarta menggelar Bazaar Ramadhan Big Sale UMKM, dari tanggal 22-24 April 2022 bertempat di Lantai Dasar DPW PKS DIY.

Kepala Bidang Humas DPD PKS Kota Yogyakarta, Nurcahyo Nugroho mengatakan, kegiatan tersebut beragendakan Talkshow Bisnis, Cooking Class, Lomba Anak-anak, dan Bazaar UMKM yang diikuti oleh kader PKS.

“Rangkaian acara sudah digelar sejak kemarin, dimulai dengan operasi pasar minyak goreng curah di Kantor DPW PKS DIY,” ujar Nurcahyo.

Nurcahyo menambahkan, peserta Bazaar UMKM kali ini diikuti oleh mitra binaan BPJE PKS Kota Yogyakarta dengan berbagai macam produk. “Bazaar UMKM ini merupakan mitra binaan BPJE PKS Kota Yogyakarta, dengan menjual produk fashion, aneka makanan dan buku,” kata Nurcahyo.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, Tri Karyadi sebagai pembicara Talkshow pada Sabtu, 23 April 2022 menyampaikan, pihaknya ingin menciptakan UMKM yang bagus di Kota Yogyakarta.

Tri Karyadi sempat bertanya kepada peserta Talkshow, apakah dengan adanya pandemi covid-19 omzet UMKM menurun drastis, dan kehilangan pasar. Hal itu dijawab Tri, bahwa pasar UMKM masih tetap ada, tetapi kita belum beradaptasi dengan situasi yang ada.

“Seperti kita harus melakukan penjualan secara online melalui digital marketing. Kita harus berlatih dan terbiasa dengan online,” katanya.

Tri Karyadi memaparkan, permasalahan umum yang dialami UMKM adalah persoalan kualitas produk, karena hanya itu-itu saja barang yang dijual. “Nanti tugas dinas meningkatkan daya saing para UMKM yang nantinya bisa diakomodir oleh para pelaku UMKM,” tuturnya.

Dia mengakui, Pemkot Yogyakarta juga melakukan berbagai pelatihan bagi para pelaku UMKM, seperti bagaimana cara mengemas dan cara memproduksi sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tri Karyadi menjelaskan, bagi pelaku usaha baru, perlu didampingi setidaknya 2 tahun untuk menuju keberhasilan.

“Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta punya wadahnya, silahkan mendaftar ke dinas,” tukasnya.

Ustad Cahyadi Takariawan pada Talkshow bisnis yang sama menjelaskan tentang ketahanan ekonomi keluarga.

“Banyak yang menganggap harta adalah segala-galanya, makanya banyak orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta,” katanya.

“Kita harus memahami harta itu sendiri, bagaimana kita memandang harta itu sendiri seperti apa,” imbuh Ustad Cahyadi. (kps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed